Kelembagaan (institutional) bercirikan institusi kemitraan yang memiliki aturan dan norma profesi yang akuntabel dan mengedepankan praktek good corporate culture.

Kemitraan (partnership) berlandaskan kepada kemitraan yang menggunakan jaringan dan relasi dengan pihak lain baik secara individual dan kelembagaan sebagai kekuatan di dalam mencapai tujuan bersama.

Penelitian dan Pengembangan (research and development) menjalankan sebuah kegiatan ilmiah yang profesional dengan mengacu kepada hasil riset dan pengembangan sehingga rancangan dan hasil kerja dapat terukur dan dapat dipertanggungjawabkan

Keahlian dan kemampuan (capacity and professionalism) berkarakter pusat studi yang dijalankan oleh sumber daya manusia yang ahli dan mampu menjalankan fungsi sesuai dengan profesi dan tuntutan profesionalitas.

Aksi (practice) dalam bentuk Pengabdian Pada Masyarakat, Kampanye dan Intervensi Perubahan; mempraktekkan lembaga yang tidak hanya mampu membangun karya (engineering)  tetapi juga ahli di dalam menerapkannya (practicing) agar hasilnya dapat langsung dirasakan dan diserap dalam masyarakat.

•Memberdayakan masyarakat berbasis Green/Blue Economy untuk menghasilkan suatu ekosistim masyarakat yang memiliki lingkungan yang menjamin keberlangsungan kehidupan yang tertata seimbang dan saling bermanfaat